Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMASISFO) STMIK Bina Mulia Palu melaksanakan bakti sosial (baksos) untuk meningkatkan pengetahuan anak di bidang komputer di Labuana,  Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala, Ahad (20/11/2016).

Bakti sosial yang diikuti kurang lebih 30 anak yang terdiri dari siswa kelas satu sampai kelas enam Sekolah Dasar (SD).

Salah seorang panitia pelaksana kegiatan bakti sosial Iqra mengatakan, Himasisfo sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang di bawah naungan Kampus STMIK Bina Mulia Palu merupakan kampus yang bergelut dibidang ilmu komputer melaksanak bati social yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak tentang Komputer.

“Tujuan kita melaksanakan kegiatan ini, kita mengenalkan kepada anak – anak di desa Labuana bagaimana mengoperasikan komputer karena di sekolah mereka belum pasti memegang dan juga menggunakannya,”katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Iqra menjelaskan, dalam kegatan itu, pihnya mengajarkan tentang cara mengoperasik komputer serta bagai mana cara untuk menggunakan suatu software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk pengolah kata yang biasa di sebut dengan Microsoft Word.

“Untuk anak pada tingkat SD kita mengajarkan bagai mana cara mengoperasikan komputer mulai menghidupkan, memilih salah satu perangkat lunak yang mudah di gunakan oleh anak – anak itu. Untuk itu, kita menggunakan perangkat lunak pengolah kata seperti Microsoft Word, kita ajarkan menegetik agar nantinya anak – anak ini dapat mengetahui kegunaan dar perangkat lunak tersebut,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Iqra menambahkan, pihaknya juga mengembangkan pengetahuan anak – anak dengan mengenalkan beberapa perangkat keras atau Hardware yang berfungsi untuk menjalankan berbagai aktivitas di perangkat komputer.

“Kita perlihatkan dan juga menjelaska fungsi beberapa perangkat keras yang berada dalam Central Processing Unit (CPU) seperti Processor yang biasa kami sebut otak komputer yang dimana berfungsi mengolah dan menjalankan perintah dari pengguna komputer, Random Akses Memory (RAM), CD Room dan beberapa perangkat keras lainnya, hal itu, kita lakukan agar nantinya anak – anak ini, bukan hanya tahu pakai tetapi tahu masing masing fungsi yang terdapat di dalam komputer,” pungkasnya. AND

(Sumber: http://sultengraya.com/2016/11/23/himasisfo-stmik-bina-mulia/)